ZT Mira - шаблон joomla Окна
Tuesday, June 22, 2021

Rapat Paripurna Penyampaian Rekomendasi terkait Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Gianyar Tahun Anggaran 2020 (30/4/2021) Featured

Rate this item
(0 votes)

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Gianyar melaksanakan Rapat Paripurna Penyampaian Rekomendasi terkait Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Gianyar Tahun Anggaran 2020 pada hari Jumat (30/4/2021) di Ruang Sidang Utama Kantor DPRD Gianyar. Rapat yang juga diselenggarakan dengan zoom meeting tersebut dipimpin Ketua DPRD Drs. I Wayan Tagel Winarta, MAP dihadiri Bupati Gianyar I Made Mahayastra, SST.Par.MAP bersama Wakil Bupati Anak Agung Gde Mayun, SH beserta Perwakilan Pimpinan OPD di Lingkungan Pemkab Gianyar.

Rekomendasi yang dibacakan Wakil Ketua DPRD I Gusti Ngurah Anom Masta, SE menyampaikan beberapa catatan strategis yang berisi saran dan masukan, diantaranya, dalam kondisi pandemi Covid-19 perlu upaya maksimal untuk dapat mengakses dana pusat. Baik berupa pinjaman maupun dana lainnya dengan melakukan dan mengajukan program-program inovatif sesuai dengan perkembangan pembangunan. Wakil Ketua DPRD juga menekankan pengoptimalan berbagai potensi lokal sebagai wajib pajak. Pemerintah perlu mengoptimalkan berbagai potensi lokal, meninjau kembali perjanjian retribusi dengan desa adat terhadap pasar, tempat wisata, mendata warung besar, tempat kos-kos an, villa dan hotel yang belum berizin, sehingga jumlah wajib pajak daerah dapat terkejar. Mengingat realisasi penerimaan pembiayaan sebesar 64,16% yang tidak sesuai target, agar pembangunan dapat berjalan berkesinambungan maka penerimaan pembiayaan dan pengeluaran pembiayaan diarahkan untuk tetap menjaga stabilitas fiskal daerah dan merupakan syarat penting dalam mendukung recovery ekonomi. Dalam bidang ketenagakerjaan, penanggulangan kemiskinan dan pengangguran DPRD merekomendasikan agar pemerintah melakukan berbagai terobosan untuk terus memotivasi generasi muda, untuk bangga menjadi pengusaha muda mengingat sebagai daerah pariwisata Gianyar tentu paling terpuruk dan rentan sebagai penyumbang kemiskinan baru dan pengangguran terbesar. Membangun bidang pariwisata, pemerintah perlu merancang pariwisata yang memiliki diferensiasi tinggi. Dalam pemulihan pariwisata pemerintah harus mengawal pemanfaatan dan distribusi dana yang  disalurkan agar tepat sasaran, mendorong industri kreatif untuk tumbuh dan berkembang, sehingga mampu menampung tenaga kerja yang terdampak PHK sektor pariwisata dimana hal tersebut diharapkan mampu membantu pertumbuhan ekonomi Gianyar. Wakil Ketua DPRD I Gusti Ngurah Anom Masta, SE juga mengapresiasi kinerja Bupati Gianyar atas keberaniannya dalam pembangunan Pasar Gianyar. Bupati Gianyar menyampaikan bahwa LKPJ merupakan aspek penting bagi Dewan, dalam melaksanakan fungsi pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah. Adanya chek in balancing dari DPRD terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah, menjadi sarana yang efektif, dalam mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan daerah yang transparan dan akuntabel. LKPJ juga sebagai perbaikan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah, sehingga terwujud tata kelola pemerintahan daerah sebagaimana tuntutan reformasi yakni, terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih atau good government and clean goverment. Bupati Gianyar juga menegaskan akan menindaklanjuti rekomendasi DPRD dan menjadikannya pedoman dalam penyelenggaraan pemerintahan tahun berikutnya.

 

 

Read 728 times
More in this category: « Dirgahayu ke 250 Kota Gianyar
Login to post comments

User Login

Brown Blue Orange