ZT Mira - шаблон joomla Окна
Saturday, September 19, 2020
  • Rapat Paripurna Penyampaian Pengantar 11 (sebelas) Raperda Kab. Gianyar (7/9/2020)
    Rapat Paripurna Penyampaian Pengantar 11 (sebelas) Raperda Kab. Gianyar (7/9/2020)

    Bupati Gianyar I Made Mahayastra, SST.Par.MAP menyampaikan Pengantar 11 Raperda dalam Rapat Paripurna di Ruang Rapat Paripurna Utama DPRD Gianyar, Senin (7/9/2020). Rapat Paripurna dipimpin Wakil Ketua DPRD Kab. Gianyar I Gusti Ngurah Anom Masta, SE dan Drs. Ida Bagus Gaga Adi Saputra, MSi. Rapat Paripurna dihadiri Wakil Bupati A.A Gede Mayun, SH dan dihadiri pula oleh Forkominda dan OPD di lingkungan Pemkab. Gianyar. Dalam sambutannya, Bupati Gianyar menyebutkan penyampaian 11 (sebelas) Raperda bertujuan terciptanya tata pemerintahan yang baik guna meningkatkan PAD Gianyar untuk kesejahteraan masyarakat Gianyar.

    Be the first to comment! Read 141 times Read more...
  • Rapat Gabungan Legislatif dengan Eksekutif Pembahasan APBD Perubahan Tahun Anggaran 2020 sekaligus Pendapat Akhir Fraksi (2/9/2020)
    Rapat Gabungan Legislatif dengan Eksekutif Pembahasan APBD Perubahan Tahun Anggaran 2020 sekaligus Pendapat Akhir Fraksi (2/9/2020)

    DPRD Kabupaten Gianyar menggelar Rapat Gabungan dengan jajaran Eksekutif di Ruang Sidang Utama Kantor DPRD Kab. Gianyar, Rabu (2/9/2020). Rapat Gabungan yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gianyar  I Gusti Ngurah Anom Masta, SE dihadiri Wakil Bupati Gianyar A.A. Gede Mayun, SH, Anggota DPRD Kab. Gianyar beserta jajaran Eksekutif di Lingkungan Pemkab. Gianyar. Rapat Gabungan bertujuan untuk memperdalam Pembahasan APBD Perubahan Tahun Anggaran 2020 sekaligus Pendapat Akhir Fraksi (2/9/2020). Seusai pembahasan APBD Perubahan TA. 2020, dilanjutkan dengan Penyampaian Pendapat Akhir Fraksi.

    Be the first to comment! Read 270 times
  • Rapat Paripurna Penyampaian Pengantar Raperda APBD Perubahan 2020 (31/8/2020)
    Rapat Paripurna Penyampaian Pengantar Raperda APBD Perubahan 2020 (31/8/2020)

    Agenda Rapat Paripurna DPRD Kab. Gianyar terkait Penyampaian Pengantar Raperda APBD Perubahan 2020 dilaksanakan pada Senin, 31 Agustus 2020 di Ruang Sidang Utama DPRD Kab. Gianyar. Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Kab. Gianyar Drs. I Wayan Tagel Winarta yang didampingi Wakil Ketua DPRD Kab. Gianyar I Gusti Ngurah Anom Masta dan Drs. Ida Bagus Gaga Adi Saputra, MSi. Hadir juga Wakil Bupati Gianyar A.A. Gde Mayun, SH, Forkompinda dan sejumlah OPD Pemkab. Gianyar. Dalam sambutannya, Bupati Gianyar I Made Mahayastra, SST.Par.MAP mengatakan, Raperda APBD Perubahan perlu disusun untuk menyesuaikan akibat terjadi perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi Kebijakan Umum APBD, serta disepakatinya Raperda tentang Laporan Pertanggungjawaban APBD 2019, sehingga perlu diadakan penyesuaian atas capaian SILPA 2019 yang dijabarkan dalam kegiatan APBD 2020. Bupati Gianyar mengatakan, "Kita harus selalu menyelaraskan Kebijakan Pembangunan daerah dengan kebijakan pemerintah yang dituang setiap tahun anggaran".

    Be the first to comment! Read 274 times Read more...
  • Penerimaan Aspirasi Terkait Sengketa Kasus Perebutan Pelaba Pura di Pakudui (26/8/2020)
    Penerimaan Aspirasi Terkait Sengketa Kasus Perebutan Pelaba Pura di Pakudui (26/8/2020)

    Puluhan krama Pakudui Tempek Kangin, Desa Kedisan, Tegalalang mendatangi DPRD Gianyari, pada hari Rabu, 6 Agustus 2020. Kedatangan karma Pakudui Tempek Kangin untuk menyampaikan aspirasi terkait sengketa kasus perebutan pelaba pura dengan Pakudui Kawan, yang telah ditetapkan eksekusi oleh Pengadilan Negeri Gianyar, pada hari Senin, 31 Agustus 2020 nanti. Saat tiba di Kantor DPRD Gianyar, krama tersebut membentangkan spanduk bertuliskan, ‘Eksekusi No, Bersatu Yes'.

    Be the first to comment! Read 410 times Read more...
  • Rapat Paripurna Penetapan Raperda Perubahan RPJMD (25/8/2020)
    Rapat Paripurna Penetapan Raperda Perubahan RPJMD (25/8/2020)

    Perubahan RPJMD sebelumnya melalui Rapat Pansus dengan menelorkan 21 point Pendapat Akhir DPRD Gianyar. Pendapat Akhir yang dibacakan Wakil Ketua DPRD Kab. Gianyar I Gusti Ngurah Anom Masta, SE beberapa hal yang penting disebutkan ; ”Strategi arah kebijakan pembangunan semestinya diarahkan ke sektor pertanian dalam arti luas. Berikutnya adalah agar Pemkab Gianyar membuat arah kebijakan pemanfaatan buah lokal yang nantinya memberi kontribusi langsung kepada petani Gianyar.

    Be the first to comment! Read 366 times Read more...

Visi Misi DPRD Kabupaten Gianyar

Visi :

"Terwujudnya masyarakat Gianyar yang bahagia, sejahtera, aman, dan damai, mandiri, berintegritas, berlandaskan Tri Hita Karana, melalui Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana”.


Misi :

Misi Pembangunan Gianyar yang menjadi arah kebijakan pembangunan jangka menengah daerah Kabupaten GianyarTahun 2018-2023, yaitu :

1.Membangun pertanian yang produktif, efesien dan mandiri,

2. Membangun pariwisata yang inklusif dan berbasis budaya,

3. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas, berwawasan lingkungan,

4.Mengembangkan SDM yang berintegritas dan berdaya saing tinggi,

5. Mewujudkan penguatan desa adat yang bertumpu pada nilai-nilai adat, budaya dan agama Hindu,

6. Meningkatkan kuantitas dan kualitas layanan publik.

 

Fungsi DPRD

DPRD memiliki tiga fungsi, yaitu : Legislasi, berkaitan dengan pembentukan peraturan daerah. Anggaran, Kewenangan dalam hal anggaran daerah (APBD) Pengawasan, Kewenangan mengontrol pelaksanaan perda dan peraturan lainnya serta kebijakan pemerintah daerah.

 

TUGAS DPRD

 
  • Membentuk Peraturan Daerah
  • membahas bersama dengan pemimpin
  • Memberi persetujuan pemindah tanganan aset daerah
  • Melaksanakan pengoperasian dan penyerapan anggaran daerah
  • Menyerap, menghimpun dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat
  • Melaksanakan tugas dan wewenang lainnya yang diatur dalam undang-undang

FUNGSI DPRD

  • Fungsi legislasi yang diwujudkan dalam membentuk Peraturan Daerah bersama Bupati
  • Fungsi anggaran yang diwujudkan dalam menyusun dan menetapkan APBD bersama Pemerintah Kabupaten
  • Fungsi pengawasan yang diwujudkan dalam bentuk pengawasan terhadap pelaksanaan Undang-undang, Peraturan Daerah, Peraturan/ Keputusan Bupati dan Kebijakan yang ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten.

HAK DPRD

  • DPRD memiliki hak interpelasi, hak angket, dan hak menyatakan pendapat. Anggota DPRD memiliki hak mengajukan rancangan peraturan daerah, mengajukan pertanyaan, menyampaikan usul dan pendapat, memilih dan dipilih, membela diri, imunitas, mengikuti orientasi dan pendalaman tugas, protokoler, serta keuangan dan administratif.

KEWAJIBAN DPRD

  • Memegang teguh dan mengamalkan Pancasila
  • Melaksanakan UUD 1945
  • Mendahulukan kepentingan negara diatas kepentingan pribadi, kelompok, dan golongan
  • Memperjuangkan peningkatan kesejahteraan rakyat
  • Mentaati prinsip demokrasi
  • Menjaga etika dan norma dengan lembaga lain
  • Menyerap, menghimpun, aspirasi konstituen secara berkala
  • Menampung, dan menindaklanjuti aspirasi dan pengaduan masyarakat
  • Memberikan pertanggungjawaban secara moral dan politis kepada konstituen

DPRD Twitter

Please specific twitter username in backend or you can not see anything!

Hubungi Kami

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

User Login

Brown Blue Orange