ZT Mira - шаблон joomla Окна
Thursday, November 14, 2019

Rapat Paripurna DPRD Kab. Gianyar Masa Persidangan II Tahun 2019 Penetapan Raperda Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2018 dan Penyertaan Modal Daerah Pada Perusahaan Umum Daerah Gianyar (Senin, 29 Juli 2019) Featured

Rate this item
(0 votes)

Setelah melalui beberapa kali proses pembahasan, DPRD Kabupaten Gianyar akhirnya menetapkan dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) menjadi Peraturan Daerah (Perda). Kedua Raperda tersebut yakni Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2018 dan Penyertaan Modal Daerah Pada Perusahaan Umum Daerah Gianyar. Penetapan tersebut disampaikan dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Gianyar yang dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Gianyar, Drs. I Wayan Tagel Winarta. Rapat Paripurna diselenggarakan di Ruang Sidang Utama DPRD Kab. Gianyar, yang dihadiri Bupati Gianyar, Anggota Dewan, Forkompinda beserta Kepala OPD di Lingkungan Pemkab. Gianyar. Sebelumnya, dalam pendapat lembaga DPRD Kabupaten Gianyar dibacakan Wakil Ketua DPRD, I Ketut Jata, SH menyampaikan Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2018 oleh Bupati adalah untuk memenuhi kewajiban konstitusional Kepala Daerah sebagaimana yang telah diatur dalam Undang-Undang.

Bupati sebagai Kepala Daerah yang memiliki kuasa pengelolaan keuangan daerah menyampaikan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD kepada DPRD berupa laporan keuangan yang telah diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan selambat-lambatnya 6 (enam) bulan setelah tahun anggaran berakhir. Wakil Ketua DPRD, I Ketut Jata, SH juga menyampaikan apresiasi kepada Bupati Gianyar I Made Mahayastra, SST.Par.MAP dan jajarannya, atas kerja kerasnya dimana laporan keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Gianyar Tahun Anggaran 2018 kembali mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).Selanjutnya Bupati Gianyar I Made Mahayastra, SST.Par.MAP menyampaikan, terima kasih yang tulus kepada segenap Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Gianyar yang telah bekerja keras mencurahkan perhatian dan pikiran selama pembahasan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kab Gianyar Tahun Anggaran 2018 dan Raperda Penyertaan Modal Daerah pada Perusahaan Umum Daerah Gianyar. Dengan telah selesainya pembahasan materi tersebut hal ini mencerminkan wujud kemitraan yang baik untuk melangkah ke depan menuju tata Pemerintahan Daerah yang lebih baik, demokratis, aspiratif dan efektif serta wujud rasa persatuan dan kesatuan yang tinggi. Bupati Gianyar mengatakan, ini adalah tahapan yang krusial. Dimana tanpa penetapan Perda ini, APBD perubahan tidak bisa kita laksanakan. Karena Silpa yang memang harus ditetapkan dengan Perda harus ditetapkan hari ini. Dimana APBD perubahan seperti tahun-tahun sebelumnya itu semestinyadah clear di Tahun 2019 yaitu di bulan September. Jadi dengan tahapan ini selesai, saya telah bisa menyiapkan diri sebagai Kepala Daerah untuk merancang APBD perubahan maupun APBD induk di 2020. Bupati Gianyar menambahkan, dirinya juga akan memperhatikan dan menindaklanjuti berbagai masukan serta usul saran dari para Anggota Dewan. Hal ini tentunya untuk meningkatkan akuntabilitas dalam pengelolaan APBD Kab Gianyar. Dikatakan pula, keberhasilan pelaksanaan pembangunan akan sangat dipengaruhi oleh adanya hubungan kerja yang harmonis antara eksekutif dan legislatif, adanya dedikasi dan loyalitas aparatur pemerintah serta partisipasi aktif seluruh komponen masyarakat. Dalam kesempatan tersebut diimbuhkan, akan senantiasa membuka diri pada setiap kesempatan untuk saling bertukar pikiran dalam suasana keterbukaan dan kebersamaan sehingga dapat menumbuhkan semangat masyarakat untuk terus berpartisipasi aktif dalam melaksanakan program-program pembangunan yang telah kita rencanakan bersama.

 

Read 663 times
Login to post comments

User Login

Brown Blue Orange